Tags

, , , , ,

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, dan tidak ada yang memasuki melaluinya kecuali mereka. Dikatakan: “Mana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri, dan tidak ada yang memasukinya seorangpun kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup, dan tidak ada lagi seorangpun yang masuk melaluinya.” [HR. Bukhari]

Tidak terasa Ramadhan tahun ini sudah di depan mata. Tidak ada kata selain syukur Alhamdulillah karena Allah telah mengizinkan kita bertemu dengan bulan yang sangat mulia ini. Bulan dimana semua doa akan diijabah olehNya. Bulan yang juga memberikan kesempatan kepada umat manusia untuk mempertebal iman. Ramadhan juga merupakan bulan yang sering dijadikan momentum untuk sebuah perubahan secara lahiriyah maupun rohaniyah oleh hampir seluruh umat muslim di dunia. Meskipun lapar dan dahaga yang selalu membersamai setiap harinya, namun tak ada yang dapat menandingi bingkisan cinta Allah berupa pahala yang berlipat ganda, pengabulan doa, dan pengampunan dosa.

Pelipatgandaan Pahala

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapat pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang itu.” [HR. At-Tirmidzi]

Begitu spesialnya bulan Ramadhan, sehingga Allah memberikan banyak bonus pahala untuk setiap amal kebaikan yang dilakukan. Pahala ibadah sunnah yang senilai dengan ibadah wajib, dan Allah akan melipatgandakan lagi pahala untuk setiap ibadah wajib yang biasa dikerjakan. Oleh karena itu jangan biarkan setiap yang dilakukan menjadi sia-sia, tanpa dzikir, tanpa doa, dan tanpa amal kebaikan.

Pengabulan Doa

“Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak oleh Allah: 1. Orang yang berpuasa sampai dia berbuka, 2. Pemimpin yang adil, 3. Doa orang teraniaya.” [HR. At-Tirmidzi]

Sebuah doa tentu mempunyai tempat dan waktu pengabulannya sendiri. Namun ia juga dapat dipengaruhi pleh tempat dan waktu terbaiknya. Salah satu tempat terbaik untuk berdoa adalah di depan Ka’bah, di Raudhah dan beberapa tempat di kota suci Mekah. Ia juga bisa dipengaruhi oleh waktu-waktu terbaik, seperti diantara dua khutbah Jum’at, diantara adzan dan iqamah, saat hujan deras, saat safar, setekah sholat fardhu, berdoa di hari Jum’at, serta saat sepertiga akhir malam.

Ramadhan adalah salah satu saat terbaik itu. Ia adalah anugrah mahal yang Allah berikan kepada umat Islam. Wkatu yang tiap detiknya berisi kebaikan dari Allah, siang dan malamnya adalah saat tepat untuk membisikkan segala pinta. Dia Maha menepati janji, maka bersiaplah mendapat bingkisan cinta yang mungkin tak akan pernah terduga. Jika setiap hari banyak sekali nikmat yang bahkan tak pernah diminta namun tetap Dia berikan, maka pastia selalu ada saat pengabulan untuk setiap doa yang terlantun penuh kesungguhan, apalagi di waktu utama seperti Ramadhan.

Pengampunan Dosa

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” [HR. Bukhari]

Apa yang lebih membahagiakan dari pengampunan atas dosa yang pernah dilakukan? Allah maha baik, tak ada dosa yang tak terampuni kecuali dosa karena menduakanNya.

“Apabila dosa itu mewujud menjadi bau, tentu tidak akan ada orang yang mau mendekatiku.”

Kalimat ini benar adanya, sebab tak ada yang tahu persis seberapa banyak dosa yang pernah dilakukan selain Allah SWT. Namun secara sederhana dosa adalah sesuatu yang takut diketahui orang dan sesuatu yang membuat hidup tidak tenang. Dan manusia yang paling merugi adalah ia yang berulang kali melakukan kesalahan yang sama, ia yang selalu jatuh pada lubang serupa. Ramadhan yang tinggal mengitung jari di depan mata ini, perbanyaklah permohonan ampun. Mintalah maaf untuk apa yang telah dilakukan, sebab tak ada dosa yang tak terampuni kecuali untuk orang-orang yang menduakan Allah.

Mari buka bingkisan cinta dariNya berupa pengampunan dosa dengan khusyuk berpuasa. Bersungguh meminta ampunan atas segala salah yang pernah dilakukan, baik yang disadari atau tidak disadari. Selamat menuai bahagia bersama bingkisan cinta dari sang segala Maha. Marhaban Ya Ramadhan…🙂